Inovasi Pelayanan Kesehatan Studi Sistem Sipil Doyan Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Koja Jakarta Utara

Naufal, Alfreyeza (2020) Inovasi Pelayanan Kesehatan Studi Sistem Sipil Doyan Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Koja Jakarta Utara. Inovasi Pelayanan Kesehatan Studi Sistem Sipil Doyan Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Koja Jakarta Utara.

[img] Text
ABSTRAK-NAUFAL ALFREYZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Inovasi Pelayanan Kesehatan Studi Sistem Sipil Doyan Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Koja Jakarta Utara dalam memangkas beberapa antrean dalam proses pendaftaran rawat jalan yang menghabiskan cukup banyak waktu, yang pada saat ini menggunakan sistem anjungan daftar mandiri pasien dapat melakukan proses pendaftaran dengan hanya 1 kali antrean. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian atau pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan teknik triangulasi metode agar data yang dihasilkan lebih akurat dan tepat. Triangulasi metode yakni melakukan pengecekan terhadap penggunaan metode wawancara sama dengan metode observasi, atau apakah hasil observasi sesuai dengan informasi yang diberikan ketika peneliti melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Inovasi Pelayanan Kesehatan Studi Sistem Sipil Doyan Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Koja Jakarta Utara. inovasi ini berhasil memangkas waktu pendaftaran, dari 6 menit menjadi 20 detik, serta waktu menunggu pendaftaran dari 60 menit menjadi 5 menit. Inovasi Sipil Doyan Jalan ini menggunakan teknologi informasi, untuk alur proses pelayanan rawat jalan dalam rangka mengurangi antrean pasien. Kemudian dengan hadirnya inovasi tersebut berhasil memangkas beberapa loket antrian yang sekarang bisa di lakukan melalui mesin anjungan daftar mandiri yang dimana hanya melalui satu loket antrian sudah bisa dapat diselesaikan dalam proses daftar pelayanan rawat jalan. Dengan ini dapat dikatakan inovasi yang dilakukan pihak rumah sakit umum daerah koja, berhasil dan dapat dirasakan kefektifan nya dalam proses pendaftaran layanan rawat jalan dalam memangkas beberapa loket sehingga menjadi lebih efektif dan lebih cepat dalam proses nya. Sampai saat ini Sipil Doyan Jalan telah direplikasi pada pelayanan pasien rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Koja dengan modifikasi yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi pelayanan puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama. Kata Kunci : inovasi pelayanan, sipil doyan jalan

Item Type: Article
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Unnamed user with email repository@uta45jakarta.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2020 08:55
Last Modified: 22 Oct 2020 08:55
URI: http://repository.uta45jakarta.ac.id/id/eprint/4

Actions (login required)

View Item View Item